Apa itu Blog?
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Blog?

Blog bisa di bilang adalah bentuk dari Aplikasi Web. Blog Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar yang dimuat dalam postingan pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Fungsi Blog

Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.

Sejarah Blog

Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Cara Membuat Blog

Langkah awal sebelum membuat blog, Anda harus memiliki surat elektronik (Email). Email di butuhkan saat Anda hendak mendaftar blog nantinya. Di sini saya akan menjelaskan cara membuat blog dari blogger.com maka. 

Untuk mendaftar di blogger.com, mengharuskan Anda untuk menggunakan Gmail sebagai alamat email. Hal tersebut karena Blogger dan Gmail adalah satu jaringan milik Google. Dengan Anda memiliki akun email di Gmail, itu berarti Anda sudah mempunyai akun Google yang terintregrasi dengan berbagai produk Google. Anda tinggal Log In menggunakan alamat email dan sandi Gmail yang telah Anda buat.

1. Langkah pertama silahkan kunjungi blogger.com




2. Log In menggunakan Email Gmail dan Password yang telah Anda buat. Kemudian klik Masuk
. Setelah masuk, Anda akan diarahkan pada halaman Dasbor Blogger.

3. Pada halaman Dasbor Blogger, Anda  dapat segera untuk membuat blog baru di Blogger dengan klik tombol Blog Baru.

4.  Nanti akan muncul jendela halaman untuk mendaftar Blog Baru. Seperti pada tampilan berikut.



5. Isi kolom yang tersedia:
Judul isi dengan Judul Blog yang Anda inginkan. Misal "Kupi Hitam"
Alamat isi dengan alamat blog yang Anda inginkan. Misal "Kupi Hitam
Template , Pilih template blog yang Anda inginkan.

Setelah itu klik Buat Blog,  maka blog Anda telah dibuat dan siap digunakan. 

Anda juga dapat membuat blog di berbagai platform dengan menggunakan alamat email Anda, seperti Wordpress.com dengan mendaftar dan mengisi data lengkap yang diperlukan.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.