Cara mengetahui versi linux ubuntu dan kernel yang digunakan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengetahui versi linux ubuntu dan kernel yang digunakan



Seperti yang telah disebutkan dari situs ubuntu resminya bahwa untuk mengetahui versi linux ubuntu yang dipakai di komputer atau laptop bisa dilakukan dengan dua hal, bisa melalui dengan system detail atau bisa menggunakan terminal dengan mengetikan command text dan nantinya akan tersedia disana tampilan versi ubuntu yang kita gunakan.

Untuk apa kita harus mengetahui versi linux dan kernel nya? Jadi sebelum kita download aplikasi yang kita pakai ada baiknya kita mengetahui versi linux ubuntu yang kita pakai sehingga pada saat kita install aplikasi tersebut tidak mengalami error atau kegagalan, karena versi software yang kita gunakan di versi ubuntu yang berbeda maka biasanya akan tidak bisa dilakukan akan gagal dalam penginstalannya.


Berikut adalah dua cara mudah untuk mengetahui versi linux ubuntu dan kernel yang kita gunakan :

  1. Cara pertama dengan mengklik tombol setting yang bisa di cari di sebelah kanan atas dekat dengan tombol shutdown atau bisa kita cari pada pencarian aplikasi dengan mengetikan kata “System setting” tanpa tanda petik.
  2. Cara kedua adalah dengan menggunakan terminal command :
        - Buka terminal yang ada di aplikasi pilihan
       - Ketikan “sudo su” (tanpa tanda petik) dan masukan password, hal ini untuk supaya pada saat akan membuka aplikasi tidak harus menggunakan sudo lagi.
       - Untuk mengetahui versi ubuntu ketikan diterminal “lsb_release -a” (tanpa tanda petik) dan “enter” dengan keyboard maka akan keluar output berupa versi ubuntu yang digunakan.
  3. Cara mengetahui versi kernel yang dipakai di ubuntu adalah dengan mengetikan "uname -r" atau "uname -a" (tanpa tanda pentik).
  4. walaupun tidak termasuk dalam judul diatas tapi saya tambahkan saja disini sebagai pelengkap yaitu untuk mengetahui
    versi gnome shell yang dipakai di ubuntu jika gnome shell sudah di install dengan mengetikan : " sudo gnome-shell --version"
Jika ada kesalahan mohon di maafkan dan semoga bermanfaat dan menambah ilmu bagi saya dan juga bagi pembaca.
terima kasih sudah mengunjungi isky blog :)
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.