Cara Mengatasi HP 4G Tapi Tidak Bisa 4G
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi HP 4G Tapi Tidak Bisa 4G

Cara Mengatasi HP 4G Tapi Tidak Bisa 4G - Permasalahan yang biasa terjadi pada setiap handphone adalah masalah yang timbul dalam segi jaringan, secara umum hal yang terjadi pada segi jaringan tentu koneksi jaringan yang tidak stabil, hilangnya koneksi jaringan, atau bahkan tidak terdeteksinya satupun jaringan yang ada pada hp tersebut


cara-mengatasi-hp-4g-tapi-tidak-bisa-4g

Beberapa hp yang saat ini sudah merata untuk support jaringan 4G di Indonesia juga sering mengalami sebuah masalah yang mungkin dirasa sangatlah merepotkan bagi orang awam, masalah tersebut adalah tidak bisanya atau tidak aktifnya jaringan 4G di HP tersebut padahal HP yang digunakan sudah 4G dan juga kartu SIM yang dipakai juga sudah menggunakan jaringan 4G.


Adapun permasalahan tersebut bisa terjadi mungkin disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

- Kuota Internet untuk 4G tidak ada.

Jadi sebelum melanjutkan mencari solusi pada artikel yang sedang anda baca ini, ada baiknya pastikan bahwa anda memiliki kuota untuk jaringan 4G, karena tidak mungkin kuota 3G dipaksakan untuk bisa digunakan pada jaringan 4G.

- Settingan APN pada HP yang dipakai salah / tidak sesuai dengan kartu SIM.

ini biasanya terjadi pada HP yang sering gonta-ganti kartu buat internetan, namun kebanyakan hp tentunya akan otomatis mengganti APN mereka dengan yang support sesuai kartu SIM yang digunakan, tapi tidak ada salahnya juga jika anda mencek terlebih dahulu apakah APN yang anda gunakan sudah tepat atau tidak sehingga jaringan yang anda dapatkan sesuai.

- Wilayah belum mendukung untuk jaringan 4G.


Untuk penyebab satu ini sangat perlu anda pahami, karena negara kita tercinta Indonesia belumlah memiliki akses internet yang baik dan juga belum memiliki wilayah cakupan yang merata untuk setiap jaringan, ada wilayah yang hanya mendapatkan akses jaringan maksimal di 3G yang biasanya di pinggiran kota, atau pedesaan, jadi pastikan apakah wilayah anda sudah mencakup wilayah yang mendapatkan akses 4G atau belum.

Sebelum melanjutkan ke cara mengatasi masalah ini, pastikan bahwa anda memahami 3 penyebab diatas terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita langsung saja menuju ke pemecahan masalah kali ini yaitu bagaimana cara untuk mengatasi hp yang sudah support 4G tapi tidak bisa 4G agar bisa menggunakan jaringan 4G ?

Cara Mengatasi HP 4G yang tidak bisa 4G

1. Lakukan dial ke kode berikut melalui panggilan telepon di HP 4G anda.
" *#*#4636#*#* "

2. Kemudian, pilih informasi telepon.

3. Pada "Setel Jenis Jaringan Yang Disukai", ubah menjadi "LTE/CDMA/UMTS auto (PRL)" atau juga bisa "LTE/CDMA auto (PRL)".

4. Tekan tombol kembali di hp anda, dan tunggu jaringan pada hp tersebut merefresh otomatis.

5. selesai, jaringan 4G seharusnya sudah bisa muncul dan bisa digunakan untuk berinternet (Pastikan anda punya kuota 4G).

Itulah ulasan mengenai Penyebab tidak bisanya hp 4G menggunakan jaringan 4G dan juga solusi untuk mengatasi HP 4G yang tidak bisa menggunakan jaringan 4G
supaya bisa menggunakan jaringan 4G kembali.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu, silahkan tinggalkan komentar jika merasa kurang paham atau permasalahan anda belum juga bisa diatasi, saya akan membantu.