Pengenalan PHP
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor dan merupakan bahasa pemrograman untuk web development atau pengembangan web yang bersifat Open Source. PHP merupakan Bahasa pemrograman yang berjalan pada Server-Side (Sisi Server) sehingga script php dapat di eksekusi dari sisi server. maksud dari berjalan pada Server-side (Sisi Server) adalah Hypertext Prepocessor (PHP) di jalankan melalui komputer server bukan pada komputer client. PHP di jalankan melalui aplikasi web browser sama halnya seperti HTML.

pengenalan-php

PHP di ciptakan oleh Rasmus Lerdorf  dan di kembangkan pada tahun 1995, Pada masa itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI) yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web selanjutnya Rasmus merilis kode sumber terbuka untuk umum dan di namakan PHP/FI, Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada Bulan November 1997 dirilis PHP/FI 2.0, Pada versi ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C dalam rilisan ini juga disertakan modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997 perusahaan Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih baik dan lebih cepat, kemudian pada Bulan November Juni 1998 Zend merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilisan tersebut menjadi PHP 3.0 dan PHP yang awal nya bernama Form Interpreted (FI) diubah menjadi PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999 Perusahaan Zend merilis interpreter PHP baru yaitu PHP 4.0, pada PHP 4.0 versi PHP yang banyak dipakai versi ini banyak dipakai disebabkan karena untuk membangun aplikasi web kompleks tapi tetep memiliki kecepatan dan kestabilitas yang tinggi.

Pada Bulan Juni 2004 Perusahaan Zend merilis veris PHP 5.0 di dalam versi ini inti dari interpreter PHP mengalami perubahaan besar pada versi PHP 5.0 memasukkan model OOP (Pemrograman Berorientasi Objek) ke dalam PHP. 

Pada veris PHP 5.4 Server web bawaan ditambahkan untuk mempermudah pengembangan dalam menjalankan kode PHP tanpa menginstall software server. Pada sekarang sejak tulisan artikel ini diterbitkan versi terbaru dan stabil dari PHP adalah versi 7.1.26  dan 7.3.1 yang resmi dirilis pada tanggal 10 Januari 2019. anda dapat mengakses situs resmi dari PHP sendiri pada url http://www.php.net.

Penulisan Syntax PHP

PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana di tentukan oleh dasar sintaks PHP, apapun yang diluar pembatas tidak diproses oleh PHP meskipun dalam teks PHP ini masih mengalikan struktur yang dijelaskan oleh kode PHP. Pembatas yang paling umum yaitu:

·        <?php” untuk membuka
·        ?>” untuk menutup kode PHP

Dibuatnya pembatas ini adalah untuk memisahkan kode PHP dari kode diluar PHP contoh nya HTML, Javascript.

Variabel Pada PHP

Variabel PHP diawali dengan symbol dolar ($) pada versi PHP 5 diperkenalkan jenis isyarat yang berfungsi untuk memaksa mereka menjadi parameter objek dari class, array atau fungsi. Tapi tidak dapat digunakan dengan jenis scalar seperti angka atau string. Contoh varibael dapat ditulis sebagai “$aku_variabel”.

Penulisan pada Fungsi penamaan class, nama variable adalah peka akan huruf besar dan huruf kecil, kedua kutip ganda ("") dari string dapat memberikan kemampuan untuk interpolasi nilai variable ke dalam string PHP, PHP menerjemahkan baris sebagai spasi dan pernyataan harus diakhiri dengan titik koma “;”.

Komentar
PHP memiliki 3 jenis sintaks komentar pada kode yaitu tanda  / * * / ” , komentar 2 baris “ // “ serta tanda pagar “ # “ dapat digunakan untuk komentar satu baris, komentar ini bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode PHP dan tidak diterjemahkan ke program

Contoh program
Sebuah halaman web yang dituliskan menggunakan Bahasa pemograman PHP adalah sebagai berikut:

<?php
    echo "Halo dunia";
?>

Program bilangan Fibonacci

<?php
function fibonacci_seq( $panjang ) {
   for( $l = array(0,1), $i = 2, $x = 0; $i < $panjang; $i++ ) {
        $l[] = $l[$x++] + $l[$x];
   }
   return $l;
}
  
fibonacci_seq(40);
// Angka "40" dapat diganti sesuai keinginan
?>


Sumber:
http://www.php5-tutorial.com/
http://www.w3schools.com/php/php_intro.asp
https://github.com/php
http://www.codecademy.com/en/tracks/php
http://staff.unipdu.ac.id/nufan/2013/04/20/pengenalan-php-hypertext-processor/
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.