Cara Unlock Bootloader di Realme 2 Pro
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Unlock Bootloader di Realme 2 Pro

Pada saat kita membeli handphone merek Realme, handphone dalam keadaan bootloader yang terkunci dan perusahaan realme tidak menyediakan cara resmi untuk membuka bootloader tersebut. Sekarang Realme telah resmi mengumumkan bahwa untuk unlock bootloader Realme 2 Pro sudah tersedia dan pengguna dapat mengikuti beberapa langkah untuk melakukannya. Pada artikel ini saya akan menuliskan langkah-langkah untuk unlock Realme 2 Pro.


Peringatan Sebelum Unclock Bootloader Realme 2 Pro

Jika Anda telah membuka kunci bootloader ponsel Anda, maka Anda tahu bahwa terlepas dari kelebihannya, ada beberapa kelemahannya juga. Seperti yang disebutkan perusahaan realme di forum resminya, berikut adalah beberapa hal yang disebutkan perusahaan di forum resmi:

  • Setelah anda unlock realme 2 pro, SEMUA DATA ANDA AKAN DIHAPUS! sebelum nya anda lebih baik backup data terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan untuk unlock bootloader realme 2 pro.
  • Beberapa fungsi mungkin tidak beroperasi dengan baik karena firmware pihak ketiga, seperti fungsi pengambilan foto kamera. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan perangkat.
  • Informasi pribadi dan rahasia di telepon dapat bocor, dan keamanan terganggu.
  • Pengujian mendalam dapat memodifikasi beberapa fungsi sistem, dan mencegah Anda memperbarui versi sistem untuk menikmati ColorOS terbaru.

Hal yang harus disiapkan sebelum unlock realme 2 pro:

  1. Handphone Realme 2 Pro (Jangan anda coba-coba di perangkat Realme lainnya seperti realme 1)
  2. Baterai harus dalam keadaan 60%
  3. kabel USB untuk menghubungkan ponsel Anda ke laptop/komputer
  4. laptop/komputer

Cara Unlock Bootloader Realme 2 Pro

Seperti yang disebutkan dalam peringatan sebelum unclock realme 2 pro, semua data dari perangkat anda akan dihapus maka anda harus memastikan bahwa anda memiliki backupan.

Selain itu anda juga harus memastikan bahwa ponsel anda realme 2 pro sudah berjalan pada OS versi terbaru, silahkan periksa terlebih dahulu versi ColorOS anda di realme 2 pro memakai versi terbaru atau tidak jika tidak maka silahkan anda mengupdate versi ColorOS anda.

cara-unlock-bootloader-realme-2-pro


Silahkan anda ikutin step by step dibawah ini untuk unlock realme 2 pro:

1. Proses untuk unlock realme 2 pro harus memberikan nomor IMEI pada ponsel anda, jika anda tidak tahu cara mendapatkan nomor IMEI pada ponsel anda.

Anda cukup mengetikkan *#06# dan nomor IMEI akan ditampilkan (Anda akan mendapatkan dua nomor IMEI, jadi gunakan IMEI pertama). silahkan klik link dibawah ini untuk mendaftarkan ponsel anda

2. Setelah anda mendaftar, silahkan tunggu sampai seminggu tapi biasanya itu hanya membutuhkan waktu sehari. setelah ponsel anda disetujui anda akan mendapatkan pembaruan OTA yang harus anda pasang pada ponsel anda, OTA ini mendukung pengujian mendalam.

3. Setelah anda menginstall pembaruan OTA , anda harus melakukan sideload file APK yang merupakan alat untuk unlock bootloader realme 2 pro dari Realme. silahkan download file apk nya dibawah ini:


4. Setelah anda menginstall aplikasi nya buka aplikasi tersebut dan anda akan melihat layar seperti gambar dibawah ini:
cara-unlock-bootloader-realme-2pro
5. Pastikan anda mengikuti semua langkah-langkah dengan hati-hati dan tidak melewatkan apapun. setelah anda yakin silahkan tap/klik "Start Applying".

6. Setelah anda klik/tap Start Applying anda akan melihat pada layar ponsel anda seperti gambar dibawah ini:
unlock-boot-loader-realme-2-pro
7. Setelah anda membaca  dan menerima bahwa anda setuju dengan semua itu silahkan anda klik/tap tombol "Submit Application".

8. Sekarang ponsel anda akan diperiksa oleh server dan akan memakan waktu jadi jangan di apa-apain dulu ya, nanti bakalan muncul "Review is successful".

9. Setelah muncul "Review is Successful" anda klik/tap "Start the in-depth test", setelah itu anda tekan dan tahan tombol power untuk menghidupkan ulang ponsel anda dan masuk ke mode fastboot seperti dibawah ini
cara-mengunclock-realme-2-pro
10. Anda sudah di menu fastboot? lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu hubungkan dengan cara colokkan kabel usb anda ke laptop/komputer dan silahkan anda download aplikasi fastboot di laptop/pc anda. link nya ada dibawah ini, silahkan pilih link sesuai OS yang anda gunakan:
11. Setelah anda mendownload aplikasi fastboot untuk windows/linux/mac anda buka cmd/powershell/terminal 
  • setelah itu anda arahkan cmd/powershell/terminal dengan menggunakan perintah "cd /blalalalalaa/blalalala/folder extract fastboot" ke folder lokasi download aplikasi fastboot tadi (extract dulu jangan lupa)
  • ketikkan perintah "fastboot devices" untuk memeriksa ponsel anda berhasil terhubung apa tidak.
  • jika terhubung silahkan ketikan perintah "fastboot flashing unlock"
12.  Anda akan melihat peringatan di layar ponsel anda tentang unlock bootloader.
  • Pilih opsi "Unlock the Bootloader" menggunakan tombol volume.
  • Silahkan tekan tombol power untuk konfirmasi.
  • Sekarang ponsel anda akan direboot dan masuk ke dalam mode uji mendalam. Seperti yang disebutkan di bagian peringatan diawal, semua data akan dihapus dan akan di unclock realme 2 pro anda.
Sekarang Realme 2 Pro anda sudah di unlock bootloader nya, Jika anda ada pertanyaan silahkan komentar dibawah, saya sangat sarankan agar anda membaca terlebih dahulu setelah itu baru anda praktekan agar hp anda aman dan tidak ada kesalahan.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.