Tugas Pertemuan 3 - Etika Profesi Teknologi Infromasi & Komunikasi
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pertemuan 3 - Etika Profesi Teknologi Infromasi & Komunikasi

tugas-pertemuan-3-eptik

Soal no 1
Jelaskan bagaimana bentuk profesionalisme dalam profesi seperti: polisi, hakim, dokter, programmer, data entri operator, database administrator dan sebagainya.

Jawaban:

  • Programmer
    Seseorang yang mengerti tentang banyak bahasa pemprograman visual, database, mysql dan lain sebagainya. Biasanya mereka bertugas untuk mengimplementasikan suatu program atau sistem dengan keahliannya tersebut. Hal itu mengakibatkan bahwa pekerjaan sebagai programmer atau IT dimana mereka harus mengikuti arus perkembangan jaman agar sistem yang mereka jalankan tidak ketinggalan jaman.
  • Data Entry Operator
    Seorang data entry operator harus menguasai ilmu secara mendalam dibidangnya, harus menguasai materi yang diberikan dan menyeleksi bagian mana yang harus di input dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang ia dilakukan.
  • Database Administrator
    Profesi DBA ini harus memiliki rasa tanggung jawab yg kuat karena dibidang inilah ia harus menjaga kerahasiaan atau privasi data dari perusahaan yang ia kelola dan juga tidak boleh membeberkan informasi kelemahan sistem. Seorang DBA ini melakukan tugasnya untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan pada database. Ia juga harus bisa menganalisa suatu management sistem database dengan baik.
  • Dokter
    Memiliki pekerjaan atau profesi yg sangat mulia. mereka tidak hanya cerdas dan memiliki ilmu yang tinggi, tetapi juga membutuhkan perilaku yang baik. Seorang dokter juga dituntut untuk mampu bertutur kata maupun bersikap sesuai dengan keinginan pasiennya. Salah satu kasus malpraktik yang dilakukan dokter tidak bertanggung jawab yg merugikan pasiennya, sehingga tidak memberikan pelayanan yg maksimal dgn menyalah gunakan profesinya tersebut.
  • Hakim
    Pejabat peradilan negara yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk mengadili. Seorang hakim yang baik adalah tidak memihak dalam suatu sidang perkara yang sedang dijalaninya, harus memeriksa dan mengusut tuntas kasus apa yang sedang ia pegang.
  • Polisi
    Polisi tidak hanya jujur, tegas, cakap secara teknis tetapi juga memahami apa yg diharapkan oleh masyarakat. Seorang polisi juga harus merespon setiap panggilan kejahatan yang ada disekitar. Kami berikan satu contoh seperti penilangan, terkadang polisi juga suka menilang secara tiba-tiba tanpa kita tahu salahnya dimana dan tidak ada tanda/rambu2 sedang ada razia.
Soal no 2
Pilihlah satu profesi bidang IT dan satu profesi bidang non-IT

Jawaban:
Profesi Bidang IT - Programmer
  1. Selalu menulis dokumentasi proyek yang dia buat dengan benar karena dokumentasi sangatlah penting apabila dokumentasi salah, dapat mengakibatkan terhambatnya suatu proyek.
  2. Tidak membajak/mengklaim kode program milik orang lain menjadi miliknya sendiri.
  3. Selalu menyelesaikan proyek sesuai atau lebih cepat dari batas waktu yang telah di sepakati.
  4. Berkomitmen untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan perjanjian, termasuk garansi dan maintenance.
  5. Mengetahui batasan pekerjaan yang dia lakukan, sehingga bisa menolak seandainya permintaan dari klien telah melebihi batasan perjanjian.
  6. Bisa menentukan apakah dia sanggup atau tidak menyelesaikan tugas yang diterima. Harus tahu batasan kemampuannya. Kalau sanggup, dia butuh waktu berapa lama.
  7. Bisa menentukan biaya yang dia butuhkan (bayaran) untuk pekerjaan yang dilakukan. Tahu batas minimal biayanya, sehingga tidak terjadi kesulitan di belakang nanti.
Profesi Bidang non-IT - Hakim
  1. Bersikap professional dengan cara bersikap adil dalam menentukan keputusan tanpa memihak pihak manapun.
  2. Menguasai hukum acara dengan sangat benar.
  3. Tidak menerima sogokan dalam bentuk apapun.
  4. Selalu berusaha meningkatkan pengetahuannya di bidang hukum.
  5. Selalu mengambil keputusan dengan sikap yang tenang, sabar dan tidak terbawa emosi.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.