Cara Optimasi Teknik Seo Onpage

Loading...

Cara Optimasi Teknik Seo Onpage

Optimasi Teknik Seo Onpage


Banyak sekali yang harus dilakukan untuk pengoptimalan SEO Onpage ini berikut beberapa Teknik SEO Onepage:


1. Sisipkan Kata Kunci Di Paragraf Pertama


Silahkan Anda sisipkan kata kunci (Keyword) yang dibidik ke dalam paragraf pertama. Dikarena pada bagian ini akan memberikan signal yang bagus kepada robot txt pada saat me-render halaman yang relevan dengan pencariannya sehingga saat robot txt menemukan kandungan kata kunci (keyword) yang dicarinya maka artikel akan masuk ke dalam query hasil dari render robbot untuk selanjutnya akan ditampilkan pada indeks hasil pencarian dengan kompetitor lain.

2. Kepadatan Kata Kunci (Keyword Density)


Pada poin ini penerapannya harus extra hati-hati dikarena jika kebanyakan kata kunci (keyword)  maka malah akan menjadi buruk dan dideteksi oleh bot mesin pencari sebagai keyword stuffing yaitu sejenis manipulasi kata kunci yang dilakukan secara berlebihan.



Cara menghitung kepadatan kata kunci


Dengan Menjumlahkan seluruh kata dalam artikel dibagi dengan Jumlah pengulangan kata kunci dikalikan 100. Contohnya Jumlah kata dalam artikel = 400 , Jumlah pengulangan kata kunci = 3 kali, maka jumlah Keyword Density adalah : ((3/400)x100) = 1%. Penerapan kepadatan kata kunci yang melebihi 3% dikategorikan sebagai prilaku buruk dikarenakan bisa dideteksi oleh bot mesin pencari sebagai keyword stuffing.

3. Sisipkan Kata Kunci Kedalam Meta Deskripsi


Biasanya sebelum memposting artikel anda harus mengisi meta deskripsi atau kalau di platform blogspot biasa disebut deskripsi penelusuran, kalau di plugin Yoast kolom meta deskripsi sudah disiapkan. Silahkan anda sisipkan kata kunci yang kalian bidik ke dalam meta deskripsi tadi sebanyak 1 kali saja. Bagian ini juga merupakan wilayah pertama yang akan di-render oleh bot seperti pada poin 1 diatas.

4. ATUR FORMULA META DESKRIPSI


Perhatikan jumlah kata dan jumlah karakter pada meta deskripsi karena jika terlalu panjang akan mempengaruhi visualisasi pada snippet indeks hasil penelusuran sehingga performanya kurang baik. Jika Anda Menggunakan plugins Yoast , di plugin ini membatasi jumlah karakter pada meta deskripsi maksimal sebanyak 320 karakter termasuk spasi biasanya sekitar 45 kata, jadi silahkan manfaatkan dengan baik bidang ini untuk memikat pengunjung. Jika anda kesulitan menghitung jumlah kalimat dan karakter anda dapat ke website id.wordcounter360.com

5. SISIPKAN KATA KUNCI KE DALAM SUB JUDUL H2


Sub judul terdiri dari 6 tingkatan yaitu H1-H6 yang mana kita tidak perlu memaksakan semua tingkatan sub judul ada dalam artikel. Dalam implementasinya rata-rata sampai H3 saja sudah sangat panjang. Silahkan sisipkan kata kunci ke dalam sub judul H2, maksimal 1 kata kunci untuk 1 sub judul dan maksimal penerapannya hingga 2 sub judul seperti yang terlihat pada .

6. SISIPKAN KATA KUNCI KE DALAM GAMBAR

Pada bagian ini silahkan gunakan atribut alt pada gambar dan masukan kata kunci ke dalamnya. Inilah alasan yang paling logis kenapa dalam artikel itu perlu menggunakan beberapa gambar yang relevan dengan artikel yaitu untuk menambah formula kata kunci yang dibidik.

Hal ini akan bermanfaat ketika pengguna melakukan pencarian pada query image di penelusuran google. Mungkin untuk pengguna wordpress atau blogspot bisa menemukan atribut alt saat akan menyisipkan gambar ke dalam artikel.

7. PERHATIKAN JUMLAH KATA (WORD)

Jumlah kata dalam sebuah artikel dapat berdampak kepada relevansinya, oleh karena itu Yoast membatasinya dengan jumlah minimal 300 kata sedangkan maksimalnya tidak terhingga. Beberapa praktisi SEO menyebutkan idealnya hingga 1000-1500 kata untuk 1 artikel, namun penulis memiliki pendapat sendiri dalam hal ini silahkan kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan sehingga ulasannya tidak kaku tetapi jangan kurang dari 300 kata.

8. PERHATIKAN LINK EXTERNAL

Link external biasanya merupakan rujukan ke sumber referensi dan ini memang sangat perlu namun usahakan jangan terlalu banyak, Yoast menyarankan cukup hanya 1 link saja pun sudah sangat bagus. Pertimbangkan link sumber dalam hal ini gunakan sumber yang kredibel dan memiliki reputasi jauh lebih bagus dari blog kita.

9. PERHATIKAN LINK INTERNAL

Berbeda halnya dengan link external, link internal merupakan rujukan menuju artikel yang relevan dengan topik tersebut dan artikel rujukannya masih di dalam blog itu sendiri. Hal ini sangat berguna untuk merampingkan bounce rate atau meningkatkan PPS halaman bagi yang sudah beriklan Google AdSense.

Untuk link internal penulis mencoba menerapkannya sebanyak 4 link dan Yoast masih memberikan signal warna hijau pada indikator SEO, ini artinya tidak berdampak buruk kepada SEO artikel.

10. PERHATIKAN PANJANG JUDUL ARTIKEL

Buatlah judul artikel yang singkat, padat, jelas dan menarik perhatian pengguna supaya mereka mau mengklik artikel kita di indeks hasil pencariannya. Yoast membatasi jumlah karakter dalam judul sebanyak maksimal 68 word atau kurang lebih 10 kata, jika lebih dari itu menurut Yoast tidak bagus.

11. MASUKAN KATA KUNCI KE DALAM URL

URL artikel termasuk ke wilayah snippet yang akan tampil pada indeks hasil pencarian dan tentunya harus dioptimalkan dengan menyisipkan kata kunci di dalamnya supaya memberikan signal yang bagus pada bot mesin telusur. Silahkan masukan kata kunci ke dalam URL dengan menggunakan tanda dashes (-) sebagai pemisah antar frase.

12. PASTIKAN TIDAK MENGGUNAKAN KATA KUNCI YANG SAMA DALAM SATU BLOG

Penggunaan focus keyword atau akrab disebut kata kunci utama tidak boleh ada yang sama dalam satu blog, versi Yoast memberikan penilaian buruk terhadap duplikasi focus keyword dalam satu blog karena memungkinkan terjadinya impact saat bot me-render halaman tersebut. Mungkin hal ini lebih ditekankan bagi pengguna Yoast untuk tetap menggunakan satu kata kunci unik dalam setiap ulasan walaupun ada ulasan dengan topik yang hampir sama dengan sebelumnya.

Penelusuran yang terkait dengan Cara Optimasi Teknik Seo Onpage

Cara Optimasi Teknik SEO Onpage
Optimasi SEO Onpage
Optimasi SEO website
Optimasi SEO off Page
Bagaimana Cara Optimasi SEO Onpage

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...