Cara Cepat Belajar SEO Untuk Pemula
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Belajar SEO Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar SEO Untuk Pemula


Sebelum mememahami lebih jauh tentang SEO sebaiknya anda paham terlebih dahulu dengan istilah SEF (Search Engine Friendly) Adalah Penerjemahan alamat website menjadi lebih singkat atau mengandung keyword/kata kunci untuk halaman tersebut.

Misalkan anda membuat artikel tentang peluang bisnis dengan judul “peluang bisinis 2018” secara default halaman ini akan mempunyai alamat URL seperti ini /konten/?=com_content&id=2&viewfront, angka menunjukkan identitas artikel yang tercatat dalam database, dengan SEF akan secara otomatis berubah menjadi /, hal ini akan sangat membantu para calon pengunjung website anda dalam menemukan konten anda, terutama bila mereka mencari website dengan kata kunci peluang bisnis 2018” melalui mesin pencari, karena mesin pencari seperti google, yahoo, bing, ask, dll akan mencatat / sebagai alamat konten anda dalam database mereka yang sinkron dengan judul artikel yang anda buat.

Jika anda sudah mengerti SEF maka sekarang anda harus kenalan sama yang nama nya 


SEO (Search Engine Optimize)

SEO adalah salah satu metode untuk mengoptimasi website supaya nantinya bisa muncul di hasil pencarian orang dengan kata kunci tertentu di search engine atau mesin pencari, seperti Google, Yahoo Search, dan Bing.

Optimasi pada mesin pencari atau yang sering di sebut Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah bentuk proses untuk menacari dan mempengaruhi tingkat keterlihatan sebuah situs atau website Page dalam hasil pencarian organik atau hasil pencarian alami, dimana hal ini yang selalu dilakukan oleh para blogger dan master seo untuk mendongkrak website atau memasarkan produk menggunakan mesih pencari secara Gratis.

Menurut Rand Fishkin: SEO adalah kombinasi dari taktik maupun strategi yg mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada kualitas konten, penargetan pengunjung, desain, pengembangan website, riset kata kunci, penempatan kata kunci, link building, social media dan segala macam elemen marketing online dan offline yg mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak traffik atau visitor dari search engine.

Secara simple, bahasa umumnya agar lebih mudah di mengerti SEO adalah proses yang dimana si pemilik website Mengoptimasi” situs pribadi, bisnis online, shop online atau situs apa saja agar berapa pada peringkat pertama Google dan mesin pencari lainnya.
Backlink adalah sebuah teknik mengaitkan blog kita dengan blog orang lain yang kualitasnya lebih baik dari blog kita sendiri, Backlink ini memiliki peran hingga 80% dalam meranking blog anda di mesin pencarian google, bahkan teknik mencari backlink ini hingga saat ini pengaruhnya masih besar dalam meningkatkan kualitas sebuah website bahkan pengaruhnya juga besar dalam menjatuhkan sebuah website.

Kita semuanya tentu tahu bila website atau situs (blog) ada pada halaman satu Search Engine pastinya akan menghadirkan pengunjung (Traffic) yang begitu besar, bergantung pada kata kunci (keyword) yang kita tujuan serta besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

Istilah-Istilah Umum Dalam SEO


misalnya kata kunci (keyword), halaman hasil mesin pencari / search engine result page (SERP), posisi atau peringkat (ranking), lalu-lintas kunjungan ke situs (traffic), alami (natural), berbayar dan tidak-berbayar (paid dannon-paid), organik dan non-organik (organic dan non-organic), optimisasi (optimization). Karena kalau tidak, maka boro-boro Anda mendapat nilai yang positif dari aktifitas SEO on-page Anda, malahan situs atau halaman web Anda itu bisa-bisa mendapatkan filtering (peringkat melorot), diganjar penalty (tidak ditampilkan di mesin pencarian untuk sementara sampai Anda meminta kepada Google untuk mengembalikannya di hasil pencarian), atau bahkan di-banned (situs dilarang atau dibuang dari indeks mesin pencari kalau terus menerus ketahuan Google melakukan pelanggaran optimisasi di-halaman).

Apa Tujuan Dasar SEO?


Tujuan dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). SERP adalah search engine result page yaitu halaman hasil pencarian mesin pencari.

Hal ini memungkinkah situs Anda untuk mendapatkan lalu lintas secara alami ( gratis bukan berbayar ) dari sebuah mesin pencari , seperti ; Google , Bing dan Yahoo.
Mekanisme SEO befungsi menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman pertama di mesin pencarian secara organik atau alami melalui kata kunci tertentu yang ingin di targetkan. Adapun produk utama dari layanan jasa ini tak sebatas optimasi on page dan off page, melainkan pembangunan tautan (link building), pengembangan dan desain website berkualitas serta layanan penulisan konten yang ramah terhadap mesin pencari.

Sebagian besar Teknik WhiteHat SEO berupa pengembangan konten berkualitas tinggi, restrukturisasi dan optimalisasi website HTML, pemasangan backlink atau tautan menuju websitenya tertarget dan didukung oleh konten berkualitas tinggi, pengadaan riset manual yang mudah terjangkau mesin pencari.

Apa Teknik SEO mudah?


Tidak mudah untuk meletakan informasi atau laman website di penelusuran mesin pencari (Search Engine) seperti : Google, Yahoo, Bing, dan lainnya yang banyak di targetkan bedasarkan kata kunci yang di cari oleh pengguna internet (netizen) karena banyak pesaing yang menggunakan pengoperasian Mekanisme SEO dan Teknik SEO.

Artinya : Optimasi Mesin Pencari (SEO) adalah praktek / teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik ke situs (blog / website) sobat melalui hasil pencarian organik. Website yang teroptimasi dengan baik akan menghasilkan halaman website yang berkualitas di setiap isi konten/artikel yang dibuat sehingga mesin pencari mudah membaca website Anda ketika pengunjung internet mencari informasi sesuai halaman website yang Anda buat.

Bagi kamu yang baru membuat sebuah blog / website / atau toko online , jika tidak mengetahui teknik SEO ini maka blog yang kamu kelola tidak akan langsung tampil pada halaman 1 google, terkadang malah tidak di temukan sama sekali alias tidak terindeks google.

Hal inilah yang melatar belakangi para Blogger dan Webmaster wajib memahami Mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut agar dapat mengoptimasi situs web dengan benar dan mendapatkan banyak pengunjung ke blog atau website yang dikelolanya. Website dengan konten yang bagus sekalipun belum tentu bisa menempati posisi teratas pada hasil pencarian tanpa di dukung SEO yang baik, namun bukan berarti SEO lebih penting dari konten.

Intinya pemilihan keyword yang tepat, optimasi SEO on page dan off page serta membuat artikel yang original dan panjang akan memudahkan website Anda berada di halaman SERP. Kombinasi SEO dan Google Adwords adalah cara paling optimal untuk meningkatkan peringkat website sekaligus mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Secara holistik, kita bisa menyimpulkan bahwa marketing dengan menggunakan search engine sebaiknya mempergunakan kedua optimasi SEO dan Adwords sebagai sebuah kombinasi ampuh mencapai kesuksesan.
Dengan mengkombinasikan kelebihan SEO dan Adwords, kita bisa meningkatkan peringkat website sekaligus meningkatkan pemasaran. Google Adwords Kekuatan besar dari Google Adwords adalah perangkat (Tools) yang bisa membantu Anda memahami bagaimana pengguna internet melakukan pencarian.

Tom Schmitz, seorang analis marketing internet dan konsultan ahli bidang marketing, media sosial, dan SEO, menjelaskan bagaimana strategi membuat struktur website yang baik untuk SEO seperti di bawah ini:
1. Halaman Homepage: bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke bawah)
2. Halaman kategori: setiap halaman kategori bertautan dengan halaman homepage ( tautan ke atas)

  •  Setiap halaman kategori bertautan dengan semua halaman kategori lainnya (tautan menyamping)
  • Setiap halaman kategori dengan halaman topik pada kategori tersebut (tautan ke bawah)
3. Halaman Topik:

  • Setiap halaman topik bertautan dengan halaman homepage (tautan ke atas)
  • Setiap halaman topik bertautan dengan semua halaman kategori (tautan ke atas)

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Website (Blog) dengan SEO?


Dengan melakukan SEO atau optimalisasi mesin pencari maka ketika ada seseorang yang mencari di mesin pencari (misalnya: google) dengan keyword “Belajar SEO Bahasa Indonesia” atau sejenisnya, maka mesin pencari pun akan menampilkan website kamu di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin pencari.

Agar konsumen tertaik dan mau berkunjung bahkan membeli produk tersebut maka anda harus melakukan SEO pada website anda dengan Baik dan benar, ketika ada seseorang yg mencari tas di mesin pencarian (dengan bantuan mesin pencarian Google atau Yahoo) Situs anda yg sudah Diterapkan SEO dengan baik maka akan terlihat di halaman Pertama Pencarian. Atau Bisa juga Proses yg terapkan pada website atau blog agar terlihat di halaman pertama pencarian Google ketika seseorang mencari suatu hal atau kata kunci yg berhubungan dengan website/blog tersebut.

Dalam rangka optimasi website pada mesin pencari bisa dibagi menjadi dua kategori dalam melakukan hal tersebut, Yaitu; SEO on Page dan SEO off Page. Hasil pencarian tersebut mereka tentukan berdasarkan ranking dari halaman website atau blog yang berisi informasi yang relavan dengan yang pengguna cari.

Jika ada sebuah situs yang tidak populer tidak memiliki posisi dan tidak berkembang di internet atau tidak memiliki popularitas yang baik, sehingga membuat website tersebut sulit untuk ditemukan, Namuk jika situs tersebut di optimasi dengan baik, maka situs trsebut akan berkembang makin besar dan populer tentunya akan memiliki posisi dan nilain baik dalam pencarian dan akan semakin membuat situs tersebut semakin baik dalam jangka panjang.

SEO on page


SEO on page adalah salah satu faktor teroptimasi atau tidak nya blog/website terhadap mesin pencari dan dilihat dari dalam websait itu sendiri, berarti anda harus mengoptimasi di dalam blog/website anda sendiri.


Apa itu SEO off page


Berbeda dengan SEO onpage yang mengoptimasi di dalam website SEO off page sebaliknya yaitu mengoptimasi di luar websait itu sendiri, optimasi SEO Off Page dilakukan dengan cara membangun link atau backlink dari situs lain menuju blog/websait.dan berikut ini adalah jenis link yang biasa di bangun untuk meningkatkan popularitas website. Memberi link antar halaman di dalam konten/artikel.. banyak faktor yang membuat pengunjung blog anda hanya sebentar di dalam website anda salah satu faktor nya seperti ini.

Ada 2 Jenis Teknik SEO yaitu Teknik SEO WhiteHat dan Teknik SEO BlackHat


Teknik SEO WhiteHat


White Hat adalah teknik-teknik SEO yang sesuai dengan kode etik dari search engine untuk mendapatkan peringkat tinggi pada halaman pencarian. Metode Black Hat ini apabila terdeteksi digunakan oleh suatu website maka search engine akan melakukan block pada website tersebut sehingga website tidak muncul pada halaman pencarian atau mendapatkan peringkat terendah. Dengan melakukan optimasi SEO, SEM, SMM, dan SMO maka hal itu akan membantu website milik Anda berada pada halaman pertama dalam mesin pencari, bahkan menjadi peringkat pertama.

Teknik SEO BlackHat


Teknik SEO Black Hat atau yang lebih dikenal dengan dengan nama search engine spam adalah teknik-teknik SEO untuk meningkatkan peringkat website pada halaman pencarian secara cepat dengan menggunakan metode-metode terlarang seperti keyword stuffing, link spamming, page hijacking, dll. 

Ketika kita mecari informasi dan mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari seperti Google, maka kita akan melihat daftar blog atau website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut pada halaman hasil pencarian. Perlu Anda Ketahui, didalam Halaman Hasil Pencarian atau SERP (Search Engine Result Page) terkadang terdapat dua Daftar urutan situs web yaitu Organic Search dan Google Adwords.

Teknik SEO BlackHat mungkin membuat situs web berperingkat bagus pada awalnya, namun situs tersebut pada akhirnya akan dilarang baik sementara atau permanen begitu mesin pencari menemukan apa yang mereka lakukan. 

Kampanye pemasaran online yang sukses biasanya melibatkan SEO, namun juga terdiri dari penggunaan iklan berbayar di mesin telusur, membangun situs web berkualitas tinggi untuk terlibat dan meyakinkan pengunjung situs untuk melakukan tindakan baik melalui penyelidikan atau penjualan online, menyiapkan program analitik untuk memungkinkan situs web. Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis untuk memperhatikan SEO dan memastikan bahwa situs web mereka benar-benar diindeks oleh mesin pencari.

Jika situs web perusahaan Anda tidak diindeks oleh mesin pencari, tidak akan ada kesempatan sama sekali bagi situs Anda untuk mendapatkan peringkat visibilitas tinggi di search engine. Proses SEO mungkin melibatkan pengkodean dan struktur situs, konten dan copywriting, penyajian situs, serta memperbaiki masalah lain yang akan mencegah mesin pencari mengindeks situs web perusahaan Anda. Jika anda memiliki pandangan lain dan informasi lain tentang apa itu SEO ataupun memiliki pertanyaan seputar optimasi ranking website pada mesin pencari, jangan ragu untuk menambahkan hal tersebut pada kolom komentar dibawah agar kita bisa mendiskusikan hal tersebut dengan mudah.

Apa Manfaat SEO?


Manfaat SEO untuk website sangat penting karena ini adalah cara hemat biaya untuk mengoptimalkan halaman web bisnis dan jasa Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Dengan demikian bila suatu halaman web / situs berada pada posisi teratas dalam halaman hasil mesin pencari (SERP - search engine results page) maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung. Namun menerapkan SEO cara-cara yang melanggar TOS Google akan menyebabkan situs web/blog dianggap spam, akibatnya situs Anda dihapus dari index database mesin pencari Google dan lenyap di halaman hasil pencarian.

Berdasarkan riset yang dipublikasikan salah satu halam situs web, bahwa blog atau website yang berada di urutan pertama sampai ketiga pada halaman hasil pencarian google, merupakan situs web yang paling banyak diklik. Mekanisme kerja mesin pencari inilah yang dimanfaatkan untuk mengoptimasi sebuah blog atau website agar mendapatkan hasil yang baik pada halaman hasil pencarian.

Search Engine Opimization berguna untuk seorang para blogger atau pemilik website yang bertujuan meningkatkan sebuah pemasaran informasi di mesin pencari (Search Engine). Teknik SEO juga melakukan pengoperasian website untuk menempati posisi teratas di halaman mesin pencarian agar mendapatkan peluang pengunjung yang lebih banyak. SEO kepanjang dari Search Engine Optimization yang artinya dalam bahasa indonesia yaitu : Optimisasi mesin pencari adalah menyerangkaikan upaya proses secara sistematis dalam meningkatkan volume visibilitas pada kualitas trafik kunjungan situs web tertentu di mesin pencarian yang di lakukan oleh seorang webmaster.

SEO juga bermanfaat bagi bisnis anda ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Kita tidak perlu menjadi seorang pakar SEO untuk mengetahui hal penting yang dibutuhkan dalam optimasi website di mesin pencari. Bukan hanya untuk meningkatkan rangking di mesin pencari, dengan SEO kamu juga bisa meningkatkan pengunjung website yang potensial dan tentu akan menjadi pelanggan bisnis kamu dalam jangka panjang. Maka dari itu, sebuah website bisnis atau toko online harus dioptimasi untuk memaksimalkan posisinya di mesin pencari.

Jika sebuah website bisnis berada di halaman utama untuk sebuah kata kunci yang dicari banyak orang, maka pengunjung website itu tentu akan sangat banyak. Bagi mereka yang ingin berhasil di bisnis online, sangat penting untuk mengetahui apa itu SEO dan apa manfaat SEO untuk sebuah website atau blog. Hal ini bukan sekedar untuk mempertahankan SEO sendiri, tapi layak tidaknya Blog atau website anda berada pada urutan pertama hasil pencarian.

Contohnya : Bila suatu website jual satu product atau barang seperti lazada/tokopedia/shopee yang jual bermacam barang seperti laptop atau yang lain, jadi jika ada orang mencari di google dengan kata kunci (keyword) "jual laptop murah" lalu website itu ranking 1, jadi telah 95% lazada juga akan memperoleh penjualan dari hasil SEO itu.

Kesimpulannya, ketika kita berusaha untuk melakukan /Seo On Page/, jangan lupa kita harus memperhatikan 2 aspek secara bersamaan, yaitu seo dari sisi mesin pencari dan seo dari sisi pengunjung, karena sudah jelas bahwa tujuan SEO sebenarnya adalah untuk meningkatkan interkasi antara pengunjung dan situs/blog yang kita miliki, interaksi pengunjung terhadap blog kita harus juga mendapat perhatian khusus. Dengan kata lain, metode optimasi yang membantu meningkatkan kemampuan website Anda untuk dicatatkan pada halaman pertama atau kedua dari hasil pencarian organik.


Penelusuran yang terkait dengan Cara Cepat Belajar SEO Untuk Pemula

belajar seo advance
belajar seo dari awal
belajar seo tidak ada kata pensiun
belajar menulis artikel seo
belajar seo blog
belajar seo blogger pemula
belajar seo blogspot blogger
belajar seo backlink
belajar seo bersama
belajar seo basic
belajar seo buat pemula
belajar seo bagi pemula
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.