Istilah Dalam Android Yang Familiar Tapi Jarang Diketahui Artinya

Loading...
Siapa sih yang ga kenal Android? Semua orang di dunia pasti tau yang nama nya Android tapi taukah anda istilah-istilah dalam android yang familiar tapi banyak orang yang jarang mengetahui artinya.
Android adalah sistem operasi  yang saat ini banyak dipakai oleh perangkat  smartphone. Android ini dikembangkan oleh mbah google yang berpusat di California Us, Sistem Operasi dari android ini open source jadi anda dapat berkreasi untuk membuat aplikasi tambahan.


Pada kesempakan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang istilah-istilah dalam dunia android yang sering kamu dengar tapi kalian belum tau tentang istilah tersebut

Versi Andoid

Merupakan Sistem Operasi yang selalu dikembangan oleh mbah Google untuk meningkatkan fitur dan kenyamanan pengguna  mulai dari dirilis pertama kali yaitu versi Android Cupcake sampai versi terbaru sekarang yaitu Oreo.

Firmware

Adalah sebuah file yang dibundle dalam format tertentu, Firmware ini merupakan sebuah software  untuk menghidupkan perangkat smartphone beserta program yang terdapat didalamnya.

ROM


ROM Adalah singkatan dari Read Only Memory, menurut saya ROM ini tidak ada bedanya dari firmware. Istilah ROM hadir saat mulai luncurnya perangkat Android. Dari nama nya saja sudah dapat diartikan bahwa ROM adalah tempat penyimpanan data, oh ia ROM ini tidak dapat dimodifikasi jadi kalo ada kerusakan pada area ROM ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi HP kalian.

Flash/Flashing


Mungkin anda suda tau apa itu Flash/Flashing, yaps ini adalah istilah yang biasa digunakan untuk memperbaiki kerusakan Software/ROM semua jenis HP, Flashing adalah proses pengisian firmware ke HP melalui bantuan PC/HP kalian oh ia kalian kalo mau Flash//Flashing harus sesuai dengan dengan model HP kalian kalo tidak nanti akan error.


Rooting



Pada umumnya semua perangkat yang memiliki OS [ Operating sistem ] biasanya pihak pengembang & developer akan berusaha mengamankan dan mengunci OS tersebut khususnya bagian system agar tidak dapat di modifikasi baik itu di rubah, di tambah, dan di hapus. Agar Os tetap terjaga dan baik. Rooting ialah membuka kunci tersebut agar user dapat memodifkasi OS tersebut untuk tujuan tertentu agar lebih leluasa dalam memodifikasi OS yang kita punya. Tentu saja setiap ada tindakan ada keuntungan dan kerugian termasuk rooting ini.

Bootloop


Istilah kerusakan pada android yang paling di kenal karena sungguh di takuti oleh hampir semua pengguna HP android, di mana saat Bootloop HP tidak dapat di operasikan karena tidak mampu melewati proses booting yang artinya HP hanya stuck pada Logo Android saja. Bootloop biasanya di sebabkan oleh kerusakan OS atau Akibat Rooting.

Play Store 


Pasar aplikasi yang menyediakan khusus aplikasi-aplikasi android baik yang bersifat Gratis [free], dan Berbayar [ Premium ]. Kelebihan dari Playstore sendiri semua aplikasi sebelum di tampilkan atau di approve sudah melalui tahap review sehingga sudah dapat di pastikan bahwa semua aplikasi yang berada di playstore aman untuk di gunakan, tidak seperti aplikasi-aplikasi yang banyak bertebaran di luar market resmi android [ Play store ] yang memiliki banyak Ancaman mengintai data pribadi kita.

APK 


File master khusus sistem Operasi android, Sebagai mana kita ketahui bahwa sebuah perangkat dapat membuka & menginstall aplikasi jika Extension file tersebut sudah sesuai dengan OS yang di gunakan. Misalnya pada Windows file berextension .EXE begitu juga pada Android Aplikasi dapat di Install jika berextension .APK.

Bootloader


Booting HP dalam kondisi download, Biasanya ini di manfaatkan dalam hal Proses Flashing. Kerusakan pada Bootloader mewajibakan pemilik HP memperbaikinya dengan cara Flashing Manual IC EMMC dan hanya bisa dilakukan oleh profesional.

Backup


Membackup / Menyimpan file dan aplikasi agar aman jika suatu saat akan di gunakan kembali, Hasil backup dapat di simpan di External SD card atau ke Komputer.

Factory Reset


Mengembalikan Konfigurasi setting juga menghapus seluruh isi paket yang terdapat pada smartphone

Cache 


Sampah yang tersimpan pada Android, Biasanya ini menghasilkan gambar dan Berkas Log.

OTA [ Over the Air ]


Setiap perangkat Android yang terhubung ke jaringan maka setiap saat akan memanggil dan terhubung terus pada pihak developer untuk mengechek keberadaan OS terbaru, nah OTA ini sendiri ialah proses Upgrade OS melalui Jaringan


Hang


Adalah kondisi di mana HP diam dan tidak dapat di Operasikan sampai baterai Habis.


RAM


RAM sendiri adalah singkatan dari Random Access Memory. Hardware yang satu ini dapat dikatakan sebagai memori yang sifatnya hanya sementara. RAM diukur dalam besaran megabyte hingga gigabyte. RAM pada dasarnya adalah tempat yang didalamnya berisikan data aplikasi yang sedang dijalankan. Karena sifatnya yang hanya sementara, data pada RAM akan hilang apabila perangkat atau smartphone volatile yang artinya data dalam RAM tidak ditulis secara permanen. Selain itu RAM membutuhkan aliran listrik untuk menyimpan data.

Nah itu sebagian istilah yang sering kita dengar seputar dunia gadget dan android.tentunya masih banyak istilah lain yang admin belum sebutkan karena keterbatasan.Terima kasih sudah berkunjung dan membaca,semoga menambah referensi pengetahuan seputar android.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...