Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Menjadi Serial ENTREPRENEUR

Loading...
perhatikan-ketika-menjadi-serial-entrepreneur

Membangun rasa penasaran, hingga memiliki manajemen waktu yang baik adalah hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi serial entrepreneur.
Serial entrepreneur adalah pebisnis yang memulai banyak bisnis baru di saat mereka juga sedang menjalankan bisnis yang telah berdiri.  Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business School, disebutkan bahwa serial entrepreneur cenderung untuk lebih sukses dibandingkan dengan first time entrepreneur karena serial entrepreneur memiliki persistensi dalam memilih industri yang tepat untuk memulai usaha baru.
Serial entrepreneur suka mencari kesempatan pada setiap bidang industri. Hal ini berbeda dengan wirausahawan kebanyakan yang hanya terfokus pada bidang yang mereka pahami saja. Serial entrepreneur adalah orang-orang yang aktif mengambil kesempatan untuk membuka sektor bisnis baru secara beruntun atau membuka berbagai macam bidang usaha dalam waktu yang bersamaan.
Cepat beradaptasi dengan pasar bisnis yang sedang booming dan selalu mencari inovasi baru adalah hal yang terpenting. Salah satu keuntungan dalam strategi serial entrepreneur  ialah menjadikan bisnis sebagai batu pijakan dalam membuka peluang bisnis lainnya. Secara tidak langsung pengalaman dan skill berbisnis juga ikut terasah dan meningkat. Namun, kita juga harus memahami bahwa setiap bidang usaha yang sedang dijalankan butuh perhatian dan fokus yang seimbang. Karena itu, harus pandai-pandai mengatur fokus agar tidak ada yang terabaikan ketika membuka usaha baru lainnya.
Kamu tertarik menjadi serial entrepreneur? Berikut ini 3 hal yang perlu kamu perhatikan:
1. Bangun rasa penasaran
Anggap dirimu sebagai konsumen dan pikirkan apa yang sedang dibutuhkan mereka saat ini. Memposisikan diri sebagai pelanggan akan membuat kita bisa berpikir lebih kreatif dalam menciptakan bisnis jasa ataupun produk. Rasa penasaran mendorong seorang wirausahawan untuk mencari solusi dalam permasalahan yang ada di masyarakat. Selalu beranikan diri untuk bertanya apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan bertanya pendapat kepada pengusaha sukses yang sudah ahli di bidangnya.
2. Miliki manajemen waktu yang baik
Menjadi serial entrepreneur berarti kita paham bahwa kemampuan membagi waktu dengan baik sangat dibutuhkan. Tentukan goal jangka pendek dan panjang ketika memulai sebuah usaha. Karena setiap usaha yang sudah dijalankan membutuhkan perhatian yang sama, jangan paksa diri kita untuk terus-terusan menjalankan ide baru. Lakukan secara perlahan. Pastikan adanya peningkatan, baik dalam kemampuan berbisnis maupun peningkatan dalam kualitas dan pendapatan usaha.
3. Keep moving forward
Jika salah satu dari usaha yang sedang kita jalankan mengalami kegagalan, terima keadaan tersebut dan segera move on. Jangan terlalu terpuruk dalam usaha yang gagal karena bisa mempengaruhi fokusmu terhadap usaha yang lainnya. Apabila kita terlalu berlarut-larut dan mempertaruhkan segalanya pada satu hal saja, hanya akan mempersulit perkembangan usaha kita ke depannya.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...