Apa itu Monero - Alternatif Terbaik Cryptocurrency Selain Bitcoin
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Monero - Alternatif Terbaik Cryptocurrency Selain Bitcoin

Kalian pasti sudah tau tentang Bitcoin, Cryptocurrency yang harganya sudah melambung tinggi ini sudah sangat populer. 

Siapa yang tidak mau menambang bitcoin, Karna memang harga Bitcoin yang sudah sangat mahal. 

Namun tidak semua orang bisa menambang Bitcoin, karna untuk menambang bitcoin diperlukan komputer dengan spek yang luar biasa dan tentunya modal yang sangat besar.

Karna itu kali ini saya akan membahas tentang Monero - Alternatif Terbaik Cryptocurrency Selain Bitcoin 



 Apa itu Monero  ?


Monero adalah cryptocurrency yang dilaunching pada bulan April 2014.Yang membedakan Monero dengsan Bitcoin adalah Monero lebih terfokus pada privacy.

Monero menjalankan algoritma POWnya sendiri yg disebut Cryptonight.  

Keunggulan Monero ialah ia dapat merahasiakan segala transaksi dan tidak dapat dilacak oleh blockchain. 

privacy Monero berbeda dengan BitCoin... karna meskipun BitCoin membisakan pengguna menutupi jati diri mereka, namun jika kita mengetahui wallet address pengguna tersebut maka kita bisa melacak aktivitas mereka pada blockchain.  

Sangat berbeda dengan Monero karna memang transaksinya tidak dapat dilacak sama sekali. 

Fitur-Fitur Monero

Monero memiliki berbagai fitur yang membuatnya benar-benar seperti uang tunai, yaitu:
  • Privasi (RingCT): Seperti hanya uang tunai, kita tidak dapat mengetahui isi dompet orang lain kecuali orang itu dengan tanpa paksaan membukanya. Kita juga tidak dapat mengetahui siapa saja pihak yang mengirimkan uang ke dompet tersebut. Karena fitur privasi di monero begitu kuat, hampir mustahil untuk dapat melacak transaksi dalam blockchain monero. Inilah yang membuat perdagangan barang ilegal yang dulu menggunakan bitcoin, beralih menggunakan monero.
  • Fungibility (RingCT): Saat kita menerima uang tunai, kita hanya dapat mengetahui tangan terakhir yang memberikan uang itu. Kita tidak dapat menelusuri dari mana uang itu dan bagaimana jalur uang tunai tersebut dari Bank Indonesia sampai ke tangan kita. Hal ini yang menjamin nilai tiap-tiap lembar uang dengan nominal yang sama, benar-benar memiliki nilai yang sama (disebut fungibility).
  • Keamanan (Cryptonote)Monero adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain dengan kriptografi, maka semua keunggulan teknologi blockchainn juga hadir di monero. Selain itu, monero memiliki tim programer yang handal untuk terus menutup celah-celah keamanan yang masih ada.

Prospek Monero 


Nilai mata uang digital sangat dipengaruhi oleh banyaknya orang yang menggunakannya. Dalam hal ini, monero memiliki modal yang sangat penting yaitu komunitas pengguna dan pengembang yang cukup besar. Fakta ini sangat unik mengingat saat ini monero belum memiliki wallet yang mudah digunakan.

Isu pemerintah di berbagai negara yang ingin mengintervensi bitcoin juga ikut menjadi perhatian para pengguna koin digital. Monero merupakan koin yang memiliki tingkat privasi yang jauh lebih baik dari bitcoin sehingga membuat intervensi hampir mustahil dilakukan oleh pemerintah.

Pemerintah tidak dapat menelusuri transaksi-transaksi monero dan tidak dapat melihat alamat wallet monero.

Ketika misalnya di masa depan bitcoin mendapat tekanan dari pemerintah, monero dapat menjadi solusi bagi pengguna koin digital.

Teknologi yang sangat baik didukung dengan fitur kerahasiaan membuat banyak orang berinvestasi monero. Meskipun begitu, teknologi blockchain secara umum masih dalam masa awal penetrasi pasar.

Tidak ada yang tahu pastinya apakah teknologi ini nantinya akan dapat sukses.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.