Cara Mendaftar Google Adsense Agar Cepat Diterima
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

Cara Mendaftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

Diperkirakan lebih dari satu juta orang di seluruh dunia sudah terdaftar di Google Adsense dan berhasil mendapatkan uang dari sana. Hal ini dikarenakan prinsip kerja Google Adsense yang simpel. Dan yang lebih penting, jika kalian sudah berhasil diterima oleh Google Adsense, maka Adsense merupakan salah satu cara termudah dan paling menguntungkan untuk mendapatkan uang secara online. Terlebih lagi, untuk jangka panjangnya Google Adsense dapat bekerja dalam mode auto-pilot, yang artinya jika blog kalian sudah mempunyai trafik yang besar, maka ditinggal tidur pun blog kalian akan tetap bisa menghasilkan uang. Jika sudah begitu, kalian hanya perlu mengecek jumlah uang pada akun Adsense 2 – 3 kali seminggu, dan kemudian menunggu uang tersebut ditransfer atau dikirim. Menarik bukan? 
Karena itulah, setiap harinya ribuan atau bahkan puluhan ribu orang mencoba mendaftar di Google Adsense, dan kebanyakan dari mereka ditolak. Kenapa? Hal inilah yang senantiasa ditanyakan oleh orang-orang yang belum berhasil diterima di Google Adsense. Karena sesungguhnya hal yang sulit bukanlah mendapatkan uang dari Google Adsense, hal yang sulit adalah bagaimana caranya supaya kita diterima di Google Adsense. 

Kenapa banyak orang ditolak saat mendaftar Google Adsense ?

Alasan pertama, dan paling jelasnya adalah karena website/blog yang mereka daftarkan tidak memenuhi aturan2 pada Adsense Program Policies. Sebagai webmaster, adalah hal yang esensial bagi kita untuk membaca, memahami, dan mematuhi Adsense Program Policies. Karena jika kalian sudah pernah ditolak sekali, maka kecil kemungkinan untuk diterima di kesempatan yang kedua dan seterusnya. Jadi sebaiknya sebelum mendaftar, pastikan blog/website yang ingin kalian daftarkan sudah memenuhi syarat-syarat pada Adsense Program Policies. Lantas bagaimana caranya kita memastikan bahwa website/blog yang kita daftarkan bisa langsung diterima di Google Adsense dengan cepat ? Berita baiknya, kalian tidak harus membaca semua “Adsense Program Policies” yang panjang dan berbahasa Inggris. Kalian hanya perlu mengikuti aturan-aturan dasar berikut.

Aturan-aturan dasar supaya diterima di Google Adsense dengan cepat

  1. Website Baru dan BagusAturan pertama, pastikan website yang kalian daftarkan adalah website baru dan bagus. Bagus dalam artian secara estetika, layoutnya tidak berantakan, dan secara konten, isi konten ditulis sendiri secara rapi, jelas, dan dapat dipahami dengan. Walaupun website baru, namun setidaknya website tersebut sudah cukup berumur untuk didaftarkan di Google Adsense, umur blog minimal harus 6 bulan.
  2. Menggunakan Top-Level Domain
    Kalian bisa membuat website/blog menggunakan layanan gratis seperti Blogger, namun akan sangat lebih baik jika kalian mempunya nama domain sendiri untuk website/blog kalian. Dan juga nama domain tersebut harus top-level domain (yaitu domain2 yang berakhiran .com, .net, .org, .id), bukan subdomain (seperti, *.wordpress.com, *.tumblr.com, dan sebagainya).
  3. Cek Jumlah Konten Website/Blog
    Website yang akan didaftarkan setidaknya harus memiliki 20 artikel/halaman/konten. Jangan mendaftarkan website yang belum jadi, seperti hanya berisikan tulisan “under construction”, ada halaman yang kosong, atau ada artikel/postingan yang berisi “Halo, test posting.” Jika yang akan didaftarkan adalah website forum, jangan mendaftarkan forum yang masih kosong tanpa ada thread/postingan. Apabila Google melihat hal tersebut, kemungkinan besar pendaftaran Google Adsense kalian akan ditolak.
  4. Konten Harus Original
    Artikel-artikel, atau postingan-postingan yang ada pada website kalian haruslah original. Yang berarti kalian harus menulis sendiri artikel-artikel yang ada pada website/blog kalian. Artikel-artikel tersebut harus hanya ada di website kalian, dan tidak bisa ditemukan di website / blog tetangga.  Karena itu jangan mengcopy paste artikel milik orang lain, ataupun artikel-artikel yang ada pada website/blog lain. Jangan menggunakan feeds, news scraping, bot, atau metode lain yang bisa digunakan untuk meng-grab artikel/konten dari website lain dan mempostingnya di website kita. Apabila Google melihat hal tersebut, kemungkinan besar kalian akan ditolak.
  5. Konten Harus Berkualitas
    Tidak hanya original, konten pada blog/website kalian juga harus berkualitas, atau memiliki topik yang jelas. Bagaimana contoh konten yang tidak berkualitas? Jika website kalian berupa forum, atau chat room, yang isinya hanya pengguna saling meyapa satu sama lain dan bergosip “cendol gan”, maka bisa dibilang itu bukanlah konten yang berkualitas.
    Supaya mempunyai konten yang berkualitas, tulislah artikel yang mempunyai topik spesifik, jelas, dan kalian mempunyai pengetahuan soal itu. Contohnya saya paham Android, jadi saya bikin situs berisi tutorial Android. Kalian bisa menulis tentang kucing, anjing, fashion, atau desain, atau tentang pengalaman travelling, atau apapun itu selama mempunyai topik yang jelas. Dan pastinya artikel kalian harus ditulis dengan baik, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar supaya mudah dibaca.
  6. Jangan menulis topik yang dilarang atau sensitive materials
    Hindari topik-topik yang dilarang oleh Google Adsense, seperti sex/porn, kekerasan, rasis, diskriminasi, hate, smoking, alcohol, narkoba, senjata api, perjudian, download torrent atau software bajakan, tutorial hacking, dan segalanya yang illegal. Jangan membuat website/blog yang bertemakan topik-topik di atas jika ingin diterima di Google Adsense.
  7. Jangan menggunakan pop-upsUsahakan website/blog kalian bebas dari pop-ups, jangan setiap kali kita klik link akan muncul pop ups yang menutupi layar.
  8. Jangan membuat get-rich-quick siteJangan membuat website yang mempromosikan get-rich-quick scheme, seperti membayar orang lain untuk mengklik iklan, membaca email, atau mengunjungi website. Pastikan website kalian bebas dari konten-konten tersebut, dan bahkan ngelink ke konten yang berhubungan dengan get-rich-quick scheme juga dilarang. Apabila Google melihat hal tersebut, kemungkinan besar aplikasi Adsense kalian akan ditolak.
  9. Tambahkan halaman Privacy Policy
    Hal ini sangat penting, namun seringkali dilupakan. Pastikan website kalian mempunyai halaman privacy policy, sesuai dengan ketentuan yang ada pada Adsense Program PoliciesBagaimana cara membuat halaman privacy policy? Kalian bisa googling privacy policy generator dan akan ada banyak situs yang menyediakan jasa pembuatan privacy policy secara otomatis. Apabila Google mengecek website kalian dan tidak menemukan halaman privacy policy, kemungkinan besar aplikasi Adsense kalian akan ditolak.
Jika kalian mengikuti guidelines/panduan tersebut, dan memenuhi tiap-tiap syaratnya. Maka sangat besar kemungkinannya kalian akan diterima di Google Adsense.  Setelah itu, tugas kalian hanyalah bekerja keras membangun website dan menjaga supaya akun Adsense kalian tidak kena banned.
Itulah tips dan trik bagaimana cara mendaftar Adsense supaya cepat diterima. Semoga membantu, dan silahkan tanya di bagian komentar jika ada yang kurang dipahami.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.