Kenapa Masih Banyak UKM yang Belum Sukses Jualan Online?

Loading...
banyak-ukm-belum-suskses-jualan-online


Dari data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terdapat 2.600 UKM (Usaha Kecil Menengah) yang sudah difasilitasi untuk menerapkan penjualan secara digitalisasi, namun baru 106 UKM saja atau sekitar empat % yang sukses jualan online.

Hanya 4% sukses menggerakkan bisnis melalui jalan online gara-gara produknya bagus dan merupakan yang terbaik. Tugas pemerintah membina 96 % (UKM yang belum berhasil).

Pelatihannya semacam apa, dan mesin peralatan apa yang perlu dibantu dari pemerintah?

Demikian kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan menengah (IKM) Gati Wibawaningsih disaat ditemui terhadap konferensi pers Google, di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan dilansir berasal dari cnnindonesia.com (9/8).

Padahal bersama dengan berjualan secara online bakal mampu menambah penghasilan UKM sampai 80%. Sebab, pelaku UKM mampu menjaring pembeli yang lebih luas.

Terkait pasar pembeli yang lebih luas, Head Of Marketing Google Indonesia Veronica Utami terhitung menyebutkan lebih dari satu hal.

Diantaranya bahwa 82% pengguna internet Indonesia melacak Info toko gunakan perangkat mobile lewat mesin pencarian seperti Google.

Data Google ini didapat berdasarkan survey berasal dari JAKPAT terhadap 2015 terhadap pengguna smartphone dan bakal konsisten meningkat kuantitas penggunanya berasal dari th. ke tahun.

Meningkatkan Jumlah Penjualan Online

Sehubungan bersama dengan hal tersebut itu, Kemenperin bakal menargetkan di tahun 2018 ini tersedia 4 ribu UKM yang sukses jualan Online. Dan ditahun 2019 nanti tersedia 7 ribu UKM menggapai kesuksesan yang sama.

Untuk mengimbuhkan fasilitas ini pada pebisnis UKM, Kemenperin bakal bekerja serupa bersama dengan toko online terbaik di Indonesia. Diantaranya adalah Blibli.com, Bukalapak, Blanja.com, dan Tokopedia.

Beberapa UKM yang mimiliki potensial diinginkan dapat di didik oleh lebih dari satu market place yang sudah  sukses jualan online sebelumnya.

Apabila lihat kuantitas keseluruhan UKM  di Indonesia dari saat ke waktu, maka kuantitas UKM yang sudah memilih berjualan bersama dengan jalur online bakal lebih bertambah.

Saat ini secara keseluruhan UKM di Indonesia berjumlah 4,4 juta dan baru 0,4 prosen atau 17.600 UKM yang manfaatkan fasilitas Internet untuk memasarkan produknya.

Apabila mutu produk yang dijual bagus dan juga promosi penjualan ditargetkan, maka tidak menutup kemungkinan bakal cepat tingkatkan penjualan.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...