Cara Mudah Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog Dengan Cepat
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog Dengan Cepat

Mencari sesuatu informasi yang dalam untuk mempublikasikan di Blog masing-masing ternyata lumaya sulit, atau juga bisa dibilang terlihat mudah, tetapi sulit dilakukan.
Menjalankan sebuah Website masing-masing ternyata lebih mudah jika kita melakukan niat, tetapi Blogger mempunyai kendala yaitu bagaimana cara mempostingkan blog setiap hari.


Kadang para blogger sulit mencari ide, dan topik yang lebih dalam. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam? Yuk simak di bawah ini

Gabung di Komunitas/Group

Gabung-di-Komunitas

Mencari suatu informasi yang lebih dalam, khususnya salah satu yang saya sebutkan diatas. Hal ini adalah untuk mencari sumber informasi yang lebih cepat.

Anda bisa melakukan sebuah sosialisasi di komunitas, atau grup melalui Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

Tentunya untuk mendapatkan sebuah informasi yang lebih dalam, anda diperbolehkan masuk grup yang sesuai dengan arti di blog anda. Contoh Blog anda sering memposting tentang seputar game, maka kalian harus memasuk komunitas/grup tentang dunia Game.

Bertujuan supaya lebih cepat mendapatkan informasi yang lebih dalam.

Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Bersosialisasi-Dengan-Orang-Lain

Bersosialisasi dengan orang lain, merupakan untuk mencari sumber pengetahuan yang lebih dalam. Khususnya kalian yang suka bermain bersama teman. Bermain di luar merupakan hal yang biasa, tetapi anda harus memperhatikan apa yang disekitar lingkungan.

Biasanya teman, orang, dan lain2, kadang sering melakukan hal apapun ataupun seseorang menanyakan kepada kalian untuk melakukan hal sesuatu.

Contohnya teman kalian sedang membutuhkan kalian untuk melakukan usaha, ataupun langkah langkah membuat peralatan. Anda pasti akan mendapatkan sebuah informasi yang lebih dalam, dan bisa mempostingkan ke blog masing-masing apa yang didapat tersebut.

BERSANTAI DI TOILET

Toilet merupakan hal yang wajib dikunjungi oleh Manusia untuk kebutuhan sesuatu seperti Buang air kecil/besar, dan mandi. Tempat Mandi ternyata juga sebagai alat hiburan seperti menyanyi, ataupun joget-joget.

Ternyata Toilet juga bisa membuat pikiran tenang, dan bisa membuat ide untuk menghadapi apapun pastinya tentang ide postingan blog. Apalagi kalau sedang buang air besar dan bermain gadget, pastinya akan lebih cepat karena suasana toilet sangat tenang, dan sunyi.

Menonton Acara Televisi

Menonton-Acara-Televisi

Menghabiskan waktu depan komputer tentu saja akan membuat Anda penat. Pikiran akan terasa mumet dan tidak lagi bisa berpikir bagus.

Apa lagi jika harus memikirkan dan mencari ide-ide untuk menulis, rasanya mustahil bisa berhasil.

Menonton acara di televisi dapat sedikit merefresh otak Anda dari kepenatan. Cabalah menonton hal-hal yang ringan namun bermanfaat.

Biasanya, ketika pikiran dan otak kita mulai merasakan ketenangan maka secara otomatis seluruh bagian tubuh akan terasa lebih segar dan tentu saja rileks.

Pada tahap inilah secara tidak sadar pikiran kita dapat dengan cepat menampung semua pesan yang tersampaikan lewat acara-acara televisi yang kita tonton tadi.

Dari sini sering kali ide-ide untuk menulis mulai tergambar. Tinggal bagaimana Anda bisa merealisasikan gambaran-gambaran dipikiran tadi dapat dicurahkan melalui tulisan.

Atau,

Anda bisa bertanya pada diri sendiri mengenai tujuan Anda menulis. Apakah Anda mencoba untuk menghibur? Apakah Anda ingin memberikan informasi?

Pilihlah acara televisi sesuai tujuan Anda menulis.

Blogwalking

Blogwalking

Jalan-jalan ke blog orang lain menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan seorang blogger, seperti saya atau bisa saja termasuk Anda.

Hal Ini yang sering juga saya lakukan untuk mencari beberapa ide menulis untuk blog saya yaitu Isky Blog.

Dengan cara jalan-jalan di blog orang lain inilah biasanya banyak bermunculan ide unik untuk sebuah bahan tulisan yang akan dibuat.

Biasanya saya mengintip beberapa judul postingan dari beberapa blog tersebut, lalu coba diseleksi dengan beberapa pertimbangan, antara lain:
  • Sesuai dengan apa yang saya pahami dan kuasai
  • Sesuai niche blog anda
  • Banyak dicari orang

Menulis Tentang Hobi

Menulis-Tentang-Hobi
Menemukan ide menulis dengan cara mengenali dan coba memikirkan tentang hobi Anda.
Itu adalah hal yang juga menarik untuk dipaparkan dalam sebuah tulisan kreatif.

Tentu saja semua orang mempunyai hobi. Entah itu coding, olahraga, memancing, memasak atau hobi touring.

Jika Anda coba menggali dan menjadikan hobi Anda menjadi satu gagasan atau ide menulis maka tentu saja akan menjadi lebih bermanfaat.

Bisa saja hobi jalan-jalan atau berwisata tadi menjadi bahan untuk tulisan-tulisan unik Anda. Seperti halnya banyak penulis wisata yang bisa menciptakan sebuah karya tulis yang sangat menarik dan inspiratif.

Tentang Kemampuan yang dikuasai

Tentang-Kemampuan-yang-dikuasai

Anda akan merasa lebih baik menuliskan sesuatu yang benar-benar dipahami, dengan begitu Anda dapat menguraikannya dengan bebas dan yakin sehingga akan menciptakan sebuah tulisan yang kreatif dan mampu memberikan informasi dengan benar.

Bayangkan, jika Anda memaksakan menulis dengan topik yang tidak Anda kuasai. Itu akan terasa sangat berat dan sudah pasti sulit untuk mendapatkan satu tulisan yang baik.

Parahnya lagi hasil tulisan Anda tidak enak saat dibaca dan akan terkesan mengada-ada atau bahkan aneh. Dampaknya, pembaca akan merasa kecewa dan menganggap Anda tidak ahli dalam hal menulis.

Untuk itulah, dengan memikirkan kemampuan yang Anda kuasai maka Anda akan mudah mendapatkan dan menghasilkan ide-ide menulis yang unik dan kreatif.

Perhatikan Trending Topic

Perhatikan-Trending-Topic

Hal yang sedang populer dibicarakan publik di dunia digital merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide menulis.

Lihat dan cermatilah topik apa saja yang sedang trend atau sedang ramai dibicarakan, misalnya dengan mengamati netizen di twitter.

Anda dapat melihat TTI (Trending Topic Indonesia). Pilihlah trending topic yang sesuai dengan minat dan niche blog Anda. Tulislah salah satu trending topic yang Anda anggap paling menarik untuk dijadikan sebuah artikel pada blog.


Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.