Perkembangan di Bidang Agrikultur dan Kesehatan dengan Adanya Artificial Intelligence (AI)
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan di Bidang Agrikultur dan Kesehatan dengan Adanya Artificial Intelligence (AI)

kesehatan-dengan-adanya-artificial-intelligence

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, membuat Indonesia memasuki era baru industri 4.0.
Salah satu yang menjadi tanda era baru industri 4.0 adalah perkembangan Artificial Intelligence yang memberikan kontribusi positif pada  berbagai bidang kehidupan.
President Director Microsoft Indonesia Haris Izmee mengatakan bahwa dampak Artificial Intelligence (AI) pada masyarakat telah menjadi perdebatan panas di antara pemimpin bisnis, pembuat kebijakan pemerintah, akademisi dan ahli industri Asia.
Tidak dapat dipungkiri bahwa AI akan menghadirkan serangkaian tantangan sosial baru yang perlu dihadapi secara serius dan hati-hati.
Beberapa pengamat memandang pengembangan AI dengan kewaspadaan. Termasuk kecemasan gambaran masa depan yang suram dengan banyaknya masyarakat yang nantinya akan menjadi pengangguran. Belum lagi akses AI tidak terdistribusi secara merata pada setiap penduduk, serta kebebasan pribadi yang semakin terancam karena AI punya kebutuhan akan data terus menerus.
Namun hal-hal tersebut sepatutnya tidak menutupi potensi-potensi besar yang ditawarkan AI bagi masyarakat. Apa saja peran AI bagi perkembangan berbagai bidang di Asia? Berikut ini manfaat yang ditawarkan dengan adanya AI di bidang agrikultur dan kesehatan.
Agrikultur
Asia merupakan area dengan populasi terbesar di dunia, hampir 60% dari populasi global, dan angka ini diperkirakan akan terus tumbuh. Hal ini memberikan sebuah tekanan pada tantangan rantai pasokan pangan yang sudah ada di daerah tersebut. Kecuali para petani dapat menemukan cara-cara baru untuk memenuhi permintaan, seperti memanfaatkan AI dan teknologi analitis untuk meningkatkan hasil tani mereka secara besar.
Di India, Microsoft telah bekerjasama dengan organisasi nirlaba International Crop Reseaerch Institute for Semi-Arind Tropics (ICRISAT), untuk mengembangkan sebuah aplikasi AI untuk menabur benih dan mengirimkan arahan-arahan kepada para petani mengenai tanggal yang tepat untuk menabur benih tanaman mereka, berdasarkan kondisi cuaca, tanah dan ukuran lainnya.
Kesehatan
Dengan adanya teknologi AI, layanan kesehatan terbantu dalam tugasnya untuk mengatasi beberapa penyakit dan meningkatkan kualitas kehidupan bagi masyarakat Asia yang terus bertumbuh.
Di India, Microsoft berkolaborasi dengan salah satu organisasi kesehatan terbesar Apollo Hospitals untuk mengembangkan jaringan yang mampu bertumpu pada AI yang berupaya untuk mengatasi penyakit jantung.
Menurut Haris, meskipun Microsoft masih dalam tahap awal perkembangan. Namun ia percaya bahwa AI tidak hanya memperkuat kecerdasan manusia, tetapi juga kualitas yang menjadikan kita manusia seutuhnya. Selain itu AI juga meningkatkan kepedulian kita untuk menciptakan hari esok yang lebih baik.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.